Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Pretest PPG Seni Budaya Tahun 2022

Soal dan Kunci Jawaban Pretest PPG Seni Budaya Tahun 2022. Soal PPG Seni Budaya pdf lengkap Jawaban
Download Soal dan Jawaban

Soal Pretest PPG Seni Budaya (PPG Daljab 2022)

1. Perhatikan pernyataan kegiatan ini:
1. Menganalisis karya seni tentang kekurangannya saja
2. Menilai kualitas sebuah karya seni melalui tinjauan seni
3. Menghargai bakat dan potensi artistik-estetik peserta didik
4. Menilai sebuah karya seni sesuai prinsip seni
5. Memudahkan seniman dan penikmat seni berkomunikasi
Kegiatan apresiasi seni yang biasanya dilaksanakan dalam pembelajaran di sekolah:
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 1 dan 5

2. Perhatikan pernyataan kegiatan berapresiasi seni rupa ini:
1. pengalaman merasakan melalui sensasi inderawi
2. sensasi inderawi meliputi penglihatan, pendengaran, dan perabaan
3. melibatkan emosi dan kesan perasaan saat menikmati karya seni
4. melibatkan kemampuan berpikir logis dan kritis
5. menggunakan rumusan statistik
Menurut Brent G. Wilson (1971) komponen Apresiasi Seni terdiri atas tiga: Perasaan (feeling), Empati (emphatizing), dan Penilaian (evaluing). Komponen Penilaian (evaluing) dalam berapresiasi seni sesuai dengan pernyataan:
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

3. Perasaan (feeling) sebagai salah satu komponen apresiasi merupakan pengalaman merasakan melalui sensasi inderawi yang meliputi:
1. penglihatan dan intelektual
2. motorik dan pendengaran
3. pendengaran dan penglihatan
4. perabaan dan penciuman
5. intelektual dan spiritual
Inderawi yang digunakan dalam berapresiasi adalah:
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 4 dan 5
D. 2 dan 3
E. 1 dan 4

4. Pengalaman berapresiasi karya merasakan (Feeling) berfungsi mengaktifkan pengalaman merasakan keindahan melalui sensasi inderawi. Pengalaman merasakan dan mengagumi karya seni atau peristiwa seni tersebut melalui:
A. Penglihatan
B. Motorik
C. Emosi
D. Impresi
E. Logika

5. Pembelajaran apresiasi di kelas saat ini dilaksanakan dengan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam konten pembelajaran seni rupa. Srategi pembelajaran ini merupakan keterpaduan berbagai kompetensi:
1. Teknologi
2. Pedagogi
3. Sarana
4. Metodologi
5. Penilaian
Kompetensi yang dikembangkan dalam pembelajaran apresiasi seni meliputi:
A. 1, 2, 3
B. 1, 2. 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 1, 3, 5

6. Aspek-aspek yang perlu diamati dalam mengapresiasi karya seni rupa, meliputi:
1. Unsur-unsur rupa dalam karya seni rupa
2. Makna simbolik karya seni rupa
3. Nilai Jual karya seni rupa
4. Nilai estetis karya seni rupa
5. Volume karya seni rupa
Apresiasi suatu karya seni rupa merupakan hasil pengamatan terhadap:
A. 1, 3, 5
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 1, 2, 4
E. 2, 4, 5

7. Pembelajaran apresiasi seni rupa di sekolah dapat dilaksanakan dengan menyenangkan melalui berbagai metode. Metode apresiasi seni perlu direncanakan mulai dengan mencermati informasi wawasan seni, antara lain:
1. menyusun kliping sejarah kesenian
2. kunjungan ke acara pameran seni rupa
3. kunjungan ke museum seni rupa
4. kunjungan ke studio/sanggar seni rupa
5. menonton pertunjukan teater
Metode apresiasi seni rupa yang menyenangkan berupa wisata edukasi adalah:
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3. 4, 5
D. 1, 3, 4
E. 2, 3, 5

8. Apresiasi musik perlu dilakukan bagi pelaku seni dari awam hingga seorang ahli sekali pun. Menyaksikan suatu pertunjukan seni musik memberi banyak masukan secara langsung terhadap kemampuan kognisi, emotif dan penilaian. Kegiatan dalam berapresiasi seni musik untuk mengevaluasi dan mengembangkan nilai estetika karya seni. Selain tujuan utama tersebut masih terdapat beberapa tujuan dalam apresiasi musik yaitu ...
A. meningkatkan kemampuan berkreasi dan berimajinasi
B. menciptakan lapangan pekerjaan
C. menumbuhkembangkan rasa menghargai karya nusantara
D. menciptakan dan mengembangkan rasa sensivitas dalam sosialisasi bermasyarakat
E. menyempurnakan keindahan karya seni sastra

9. Refleksi dapat diartikan sebagai aktivitas peserta didik yang berisi ungkapan perasaaan, pesan dan kesan atas pembelajaran yang telah diikuti. Kegiatan refleksi dalam apresiasi musik memiliki tujuan-tujuan tertentu. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari apresiasi musik yaitu ....
A. untuk mengetahui sejauh mana kekurangan dan kelebihan sebuah karya musik.
B. untuk mengetahui tingkat keberhasilan sebuah karya musik dalam menyampaikan pesan kepada pendengar dan penonton
C. untuk memberikan interpretasi yang tepat kepada pemain dalam memainkan karya musik yang diciptakan.
D. untuk memberikan pengetahuan musik dasar bagi para pemain musik.
E. untuk mengetahui kebutuhan dan selera masyarakat, penonton, dan pasar industri.

10. Tujuan utama dilakukannya apresiasi musik yaitu untuk mengevaluasi dan mengembangkan nilai estetika karya seni. Selain tujuan utama tersebut masih terdapat beberapa tujuan dalam apresiasi musik. Berikut ini yang bukan bagian dari tujuan apresiasi musik yaitu ....
A. untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berkreasi dan berimajinasi.
B. untuk menciptakan dan mengembangkan rasa sensitivitas dan kepekaan terhadap karya musik..
C. untuk meningkatkan daya saing dalam industri musik
D. untuk menumbuhkembangkan rasa menghargai karya musik.
E. untuk menyempurnakan keindahan karya musik.

11. Manfaat refleksi dalam apresiasi seni musik berguna untuk menjadi media umpan balik terhadap karya mapun pencipta karya musik. Bagi seorang komposer manfaat refleksi dalam apresiasi musik adalah ...
A. sebagai hasil dari rangkaian prosedur baik pengamat dalam materi
B. hasil pertunjukan sampai pada proses evaluasi
C. media umpan balik terhadap para penikmat
D. untuk mengetahui tingkat keberhasilan sebuah karya musik dalam menyampaikan pesan kepada pendengar dan penonton
E. ruang ekpresi positif dalam menunjang proses kreatif musik

12. Musik menjadi hidup ketika diterjemahkan dari simbol-simbol musikal (notasi) di atas kertas menjadi sebuah bunyi sesungguhnya melalui yang membunyikan notasi tersebut. Gagasan-gagasan musikal yang ditulis oleh komposer semata-mata hanyalah produk dari ciptaannya saja. Komponen utama dalam evaluasi karya musik yang dapat dianalogikan sebagai para pekerja disebut …
A. Pemain
B. Komposer
C. Pengamat
D. Penonton
E. Seniman

13. Dalam konteks pembelajaran musik, pembelajaran apresiasi tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan pembelajaran berekspresi dan berkreasi musik. Dalam konteks yang lebih luas, kegiatan pembelajaran ini sangat bermanfaat untuk …
A. mengembangkan pengetahuan dasar musik siswa yang bermanfaat pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran ekspresi dan kreasi musik.
B. meningkatkan wawasan musikal siswa yang bermanfaat dalam pengembangan sikap terhadap keberagaman karya seni musik yang ada di masyarakat.
C. mengembangkan potensi afeksi siswa sehingga bermanfaat untuk memperoleh pengalaman baru, memperkaya jiwa, menanamkan cinta bangsa, dan cinta sesama, serta meningkatkan ketahanan budaya.
D. meningkatkan wawasan siswa dalam proses berkreasi karya musik melalui ragam bentuk dan struktur musik yang dipelajari dalam pembelajaran apresiasi.
E. mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam menganalisis karya musik sehingga bermanfaat saat mengikuti pembelajaran berekspresi dan berkreasi musik.

14. Pemberian pengalaman musik kepada siswa dalam pembelajaran apresiasi musik sangat diperlukan. Berikut ini ragam aktivitas yang paling dominan sangat diperlukan guna menunjang pencapaian tujuan pembelajaran apresiasi musik di sekolah, yaitu …
A. mendengarkan musik (listening), berkreasi musik (composing and arranging), dan bergerak mengikuti musik (responding).
B. mendengarkan musik (listening), bernyanyi (singing), dan berkreasi musik (composing and arranging).
C. mendengarkan musik (listening), merespon musik dengan gerak berirama (responding), dan membaca notasi musik (reading).
D. mendengarkan musik (listening), bermain alat musik (playing), dan membaca notasi musik (reading).
E. mendengarkan musik (listening), bermain alat musik (playing), dan merekam musik (recording).

15. Pemberian pengalaman musik yang beragam kepada siswa dalam pembelajaran apresiasi musik seperti mendengarkan musik (listening), bernyanyi (singing), berkreasi musik (composing and arranging), bermain alat musik (playing), merekam musik (recording), merespon musik dengan gerak berirama (responding), dan menganalisis (analyzing) sangat bermanfaat untuk …
A. meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan musik siswa yang berbakat agar dapat mencapai prestasi di bidang musik.
B. mengembangkan dan melatih siswa agar berani berkreasinya melalui media musik, mengembangkan persepsi, imajinasi, dan daya fantasinya bagi peningkatan potensi dirinya.
C. meningkatkan pemahaman siswa tentang fungsi seni dalam berbagai konteks sosial budaya, dan keragaman karakteristik seni musik yang ada di masyarakat.
D. mengembangkan dan melatih pengetahuan dasar musik siswa agar berlanjut kepada ranah ketrampilan yang relevan dengan potensinya.
E. memberikan wawasan musik yang bermanfaat bagi seluruh siswa sesuai dengan bakat dan potensinya di dalam bidang musik.

16. Disain komposisi kelompok terdiri dari kecuali ;
A. Unison/serempak, yaitunpenataan gerak yang dilakukan secara rampak atau bersama-sama
B. Balance atau berimbang, yaitu penataan penari di atas pentas menimbulkan kesan yang berimabang
C. Alternate menunjukkan posisi penari bergerak berselingan
D. Canon, yaitu gerak secara berurutan berurutan
E. Broken yaitu penataan gerak yang terpecah.

17. Apresiasi seni merupakan proses yang melibatkan ….
A. kognitif yaitu keterlibatan intelektual penikmat dalam upaya memahami unsur-unsur seni,
B. Emotif yaitu perasaan pembaca dalam upaya menghayati unsur-unsur keindahan dalam seni yang sedang dinikmati, dan
C. Evaluatif yaitu kegiatan memberikan penilaian baik-buruk, indah-tidak indah
D. Interpretatif yaitu kegiatan memberikan penafsiran terhadap kualitas karya seni
E. Ilustratif yaitu kegiatan menggambarkan sebuah kejadian atau peristiwa

18. Apresiasi dapat dilakukan dengan pendekatan sebagai berikut:
A. Pendekatan Aplikatif
B. Pendekatan Kesejarahan
C. Pendekatan Problematik
D. Pendekatan Masalah
E. Pendekatan diagnostik

19. Kegiatan apresiasi seni tari dapat berfungsi sebagai berikut, kecuali
A. Untuk pengenalan
B. Untuk merasakan keindah
C. Untuk mengasah daya pikir
D. Untuk Penikmat
E. Untuk Penilai

20. Tingkatan Apresiasi seseorang dapat dilihat pada :
A. Tingkat penikmat, yaitu apresiator mengati dengan memberikan komentar
B. Tingkat Pencinta, yaitu apresiator mengamati dengan memberikan komentar
C. Tingkat pencinta kreatif yaitu apresiator mengati namun tidak mengaplikasikannya
D. Tingkat penikmat, yaitu apresiator mengamati dengan memberi komentar
E. Tingkat pencita yaitu apresiator mengamati dengan tidak memberi komentar

21. Pengalaman estetis pasif yaitu Segala bentuk pengalaman yang diperoleh seseorang melalui pengamatan indra terhadap berbagai objek, dan seseorang hanya bertindak sebagai penerima saja. Kegiatan tersebut termasuk pada
A. Pengalaman estetis aktif
B. Pengalaman estetis tingkat rendah
C. Pengalamn estetis tingkat tinggi
D. Pengalaman estetis pasif
E. Pengalamn estetis coba-coba

22. Kegiatan menafsirkan makna dari simbol tari dapat meningkatkan :
A. Kepekaan estetik dalam diri siswa
B. Kemampuan berpikir kritis
C. Kemampuan berpikir analitis
D. Kemampuan perseptual
E. Kemampuan menemukan persoalan tari

23. Kegiatan menafsirkan simbol dan makna tari dari elemen-elemen tari disebut :
A. Kegiatan mengamati tari
B. Kegiatan menjelaskan tari
C. Kegiatan menganalisis tari
D. Kegiatan menginterpretasi tari
E. Kegiatan mengevaluasi tari

24. Ludruk adalah salah satu teater Nusantara yang masih populer dikalangan masyarakat, kepopuleran ludruk terbesar ada diwilayah ?
A. Jawa Barat
B. Sumatra selatan
C. Jawa timur
D. Sulawesi
E. Jawa tengah

25. Kehidupan teater Nusantara tergantung dari apresiasi dan keperdulian masyarakat pendukung teater itu berada. Salah satu cara utama untuk melestarikan teater Nusantara adalah
A. Memberi sumbangan dana
B. Memahami dan terlibat dalam kegiatan teater nusantara
C. Menghargai seniman pelaku teater Nusantara
D. Mendukung anjuran pemerintah untuk pelestarian teater nusantara
E. Membaca referensi tentang teater Nusantara

26. Salah satu cara Mengkreasikan dan memodifikasi teater tradisional adalah?
A. Menampilkan cerita rakyat dengan masalah-masalah dan tokoh yang sesuai dengan kejadian sekarang
B. Menampilkan teater tradisional yang mengandung unsur magis
C. Menampikan cerita baru dari hasil kelompok
D. Menampilkan cerita yang diisi lagu populer masa kini
E. Menampilkan teater sesuai dengan tradisi asli

27. Fungsi musik dalam teater untuk memperkuat adegan di sebut?
A. Musik pengiring
B. Soundtrak music
C. Ilustrasi music
D. Music teatrikal
E. Music imajiner

28. Salah satu fungsi tata rias dalam teater adalah ?
A. Menambah kecantikan
B. Menonjolkan garis kerutan
C. Menebalkan raut muka pemain
D. Mempertegas karakter pemain
E. Mempertegas suara pemain

29. Yang dimaksud dengan tulisan kritik Jurnalitik adalah?
A. Kritik pada pementasan tentang wartawan
B. Kritik dengan kaidah-kaidah penulisan jurnalistik yang tujuannya untuk dimuat di media massa
C. Kritik yang ditulus oleh ahli jurnalistik
D. Tulisan kritik yang menarik
E. Tilisan kritik yang mudah dibaca

30. Dibawah ini adalah jenis panggung yang terpengaruh dari budaya teater barat adalah?
A. Arena tapal kuda
B. Panggung proscenium
C. Arena letter U
D. Arena amphiteater
E. Arena Lingkaran